Senin, 06 Juli 2015

Penjelesan Singkat Mengenai Etika

apa itu etika? 

etika adalah hal yang sering kita dengar di kehidupan kita sehari-hari. namun kita masih banyak yang belum memahami apa arti dan makna etika sebenarnya. di kehidupan kita sehari-hari, kita mengartikan etika sebagai perilaku atau sikap kita terhadap lingkungan kita maupun orang sekitar. 

Menurut para ahli, etika adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Dan menurut pendapat saya pribadi, etika itu adalah tata laku kita dalam bermasyarakat dan bergaul dengan membedakan mana hal yang baik dan benar sehingga kita dapat bergabung di dalam masyarakat tersebut dengan baik.

Etika di setiap daerah atau tempat itu berbeda-beda. Misal di Indonesia, jika kita makan dengan menggunakan tangan kiri, itu dianggap tidak sopan dan tidak beretika. Sedangkan di luar negeri, semacam Amerika Serikat, hal itu adalah hal yang wajar dan biasa bagi setiap orang untuk makan menggunakan tangan kiri. Jadi etika itu tidak bersifat sama untuk seluruh masyarakat di dunia, namun berbeda-beda sesuai dengan daerah dimana etika tersebut diterapkan.


Sebagai manusia yang berpendidikan, kita harus mempunyai etika. Apa kata orang nanti kita, Mahasiswa, pemuda-pemudi yang berpendidikan yang nantinya akan memimpin bangsa ini tidak beretika? Tentu kita akan dicemooh oleh orang di sekitar kita maupun orang-orang dari luar yang memperhatikan bangsa kita. Kita harus menunjukkan pada dunia luar bahwa kita, Mahasiswa Indonesia memiliki etika yang bagus dan orang-orang akan segan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar