Minggu, 09 Agustus 2015

Movie Review: Cloud Atlas (2012)



halo! hehehe malam ini saya mau menulis mengenai sebuah film yang menurut saya keren. yah, level bagus atau tidaknya film yang akan saya ceritakan ini adalah menurut saya pribadi. berhubung lagi ga ada kerjaan di malam minggu yang seharusnya saya habiskan bersama pacar seperti kebanyakan pasangan lain lakukan, saya ingin menulis saja di blog ini hehe. kebetulan saya lagi nginap nih di kosan Kak Indah wkwkwk lagi pengen aja dan berhubung Farhan berbaik hati membiarkan kami menggunakan username dan password wifi.id-nya yah saya manfaatkan saja untuk menulis :D

langsung aja ya. silahkan membaca! semoga dengan saya me-review film ini bisa membantu kalian untuk memutuskan ingin menontonnya atau tidak.

Rating
IMDB: 7,5/10
Rotten Tomatoes: 66%

film ini menurut saya unik, kenapa? karena terdapat beberapa cerita di dalamnya. Cloud Atlas merupakan film bertema science fiction dan saya juga mengkategorikan film ini sebagai film romance dan action. Cloud Atlas diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang dikarang oleh David Mitchell. film ini dibintangi oleh sederet pemain film ternama seperti Tom Hanks, Halle Berry, Hugo Weaving, dan Susan Sarandon. sebenarnya pemain-pemainnya keren semua, seperti Ben Whishaw (I'm madly in love with him!!! haha), Jim Sturgess, Donna Bae, Hugh Grant, tapi keknya yang orang familiar sih tiga orang pertama yang saya sebutkan ehehehe. Cloud Atlas bercerita tentang kisah beberapa orang di masa yang berbeda dan dari setiap kejadian yang dialami orang-orang ini, berpengaruh terhadap masa lalu, masa kini, dan masa depan bagi tiap orang tersebut. plotnya lumayan membingungkan sih (tapi tidak semembingungkan Inception atau pun Mr. Nobody atau Interstellar hehe). yang saya suka dari Cloud Atlas ini adalah score-nya. kenapa? karena b a g u s s e k a l i. dengan judul Cloud Atlas Sextet. rasanya setiap mendengar score-nya, saya merasa bahwa kejadian di film itu sangat hidup. dan jalan cerita dari Cloud Atlas sangat seru dan menegangkan. 

ada 6 cerita berbeda di film ini. yaitu yang pertama dibuka dengan kisah Adam Ewing (Jim Sturgess) yang berlatar di tahun 1849. ia saat itu sedang dalam perjalanan bisnis milik ayah mertuanya (Hugo Weaving) yaitu jual beli budak kulit hitam. nah selama perjalanan bisnisnya, ia didiagnosa terkena penyakit yang disebabkan oleh parasit berbahaya oleh dr. Henry Goose (Tom Hanks) dan dokter ini ternyata perlahan-lahan meracuni Adam untuk mencuri barang berharga miliknya. akan tetapi, Adam diselamatkan oleh seorang budak kulit hitam. dan ia kembali ke asalnya dan bersama istrinya, Tilda (Donna Bae) bertekad untuk menjadi pembebas budak kulit hitam. 
menurut saya di cerita ini, ada kejanggalan. yaitu peran Tilda yang diperankan oleh Donna Bae kurang pas. karena, Donna Bae yang berdarah Korea ini sangat berbeda jauh dari peran wanita Kaukasia yang diperankannya. bukan bermaksud rasis tapi janggal saja rasanya melihat seorang Kaukasia yang terpaksa hehehe. tapi mungkin saja Ibu dari Tilda ini merupakan wanita Asia (atau Korea) sehingga Tilda mewarisi wajah Ibunya karena ayah Tilda merupakan pria Kaukasia.

cerita selanjutnya yang bersetting di Cambridge dan Edinburgh di tahun 1936, mengenai Robert Frobisher (Ben Whishaw) seorang komposer muda yang menjalin hubungan sesama jenis dengan Rufus Sixsmith (James D'arcy). ia bekerja pada Vyvyan Ayrs (Jim Broadbent) sebagai amanuensis sambil ia menyusun mahakaryanya (yang menjadi score film ini), Cloud Atlas Sextet. akan tetapi, Vyvyan Ayrs ingin mengakui Cloud Atlas Sextet itu adalah karyanya dan bila Robert tak mau, ia mengancam akan menyebarkan rahasia bahwa Robert adalah seorang pecinta sesama jenis. dan secara tak sengaja, Robert menembak Vyvyan dan melarikan diri. ia menyelesaikan Cloud Atlas Sextet tepat sebelum ia membunuh dirinya. dan Rufus pun menemukan tubuh kekasihnya yang sudah tak bernyawa. 
saya menyukai cerita yang ini (karena ada Ben Whishaw-nya kah?:P). di cerita ini terlihat bahwa hubugan sesama jenis di waktu itu merupakan hal yang sangat tabu dan sangat memalukan apabila sampai tersebar luas. dan saya menyukai bagaimana Robert dan Rufus saling mencintai. they're so madly in love! hehehe. 

cerita yang ketiga bersetting di San Fransisco tahun 1973. saya agak lupa bagian yang ini, yang saya ingat di cerita ini, Luisa Rey (Halle Berry) bertemu dengan Rufus Sixsmith yang sudah tua yang bekerja sebagai ilmuwan nuklir. yah gimana lagi ya? saya lupa. pokoknya ada kejadian yang berhubungan dengan kematian ayah Luisa di masa lalu dengan perusahaan nuklir tersebut, kalau ga salah. hehe. dan di cerita ini juga diceritakan bagaimana Luisa mencari Cloud Atlas Sextet.

cerita yang selanjutnya juga saya lupa, pokoknya berlokasi di London tahun 2012 tentang seorang penerbit yang sudah tua yang memiliki masalah dengan gangsters bernama Timothy Cavendish (Jim Broadbent). ia akhirnya meminta bantuan pada saudaranya, Denholme (Hugh Grant) dan Denholme mau membantu dengan mengatakan bahwa sebaiknya Timothy bersembunyi di Aurora House (yang ternyata merupakan rumah perawatan), dan Timothy setuju tapi ia tidak mengetahui apa itu Aurora House. disana, ia dirawat oleh seorang perawat yang jahat bernama Noakes (Hugo Weaving, ia berperan sebagai wanita, fyi). Denholme mengatakan bahwa itu adalah balasan terhadap Timothy karena pernah berselingkuh dengan istri Denholme, Georgette (Ben Whishaw!! lol). Timothy merencanakan rencana untuk melarikan diri bersama 3 rekannya dari Aurora House. dan akhirnya ia berhasil dan kembali bersatu bersama wanita yang dicintainya, Ursula (Susan Sarandon).

2 cerita terakhir, yaitu tentang Sonmi-451 (Donna Bae) yang bersetting di Neo Seoul tahun 2144 dan cerita tentang Zachry Bailey (Tom Hanks ) yang hidup di masa setelah kehancuran di Big Isle tahun 2321 bisa dibaca di sini soalnya saya sudah mengantuk sekali ehehehehe dan saya sudah kesulitan untuk mengingat bagaimana jalan ceritanya :-(.

yah segitu sajalah mengenai Cloud Atlas. saya sangat merekomendasikan film ini untuk kalian yang menyukai film dengan jalan cerita yang lumayan membuat kita berpikir dan kita juga disuguhkan dengan efek yang keren dan jangan lupa score-nya hehehehe.

untuk trailer-nya bisa dicek di sini, dan Cloud Atlas Sextet bisa didengarkan di sini.



penilaian:
9/10. Hell yeah, really recommended!

source:
https://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_Atlas_(film)
https://www.youtube.com/watch?v=ByehYal_cCs
www.imdb.com/title/tt1371111/
www.rottentomatoes.com/m/cloud_atlas_2012/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar