Minggu, 02 Agustus 2015

Maag, Penyakit yang Menyiksa

halo! udah lamaaaaa banget ga sih saya ga menulis disini ehehehe lebay ya padahal baru juga berapa minggu. terakhir saya menulis itu kalo ga salah pas puasa mau lebaran gitu ya wkwk maklum sih lebaran, jalan sana-sini, tamu ke rumah, jadi gaada waktu buat mengisi blog ini. padahal saya udah membuat garis besar (ceilah) dari beberapa ide yang muncul tiba-tiba, tapi ya berhubung ga sempat terus jadinya lupa-_-. 

well, berhubung kali ini saya sudah mulai kuliah (dan minggu depan UAS) saya sempatkan untuk menulis. sebenarnya saat ini saya sedang tidak dalam kondisi yang prima, iya saya lagi sakit haha. biasa, maag. penyakit lama, cuma kali ini sepertinya yang lumayan parah dari biasanya. sudah hampir seminggu saya tidak bisa makan, setiap makan pasti keluar lagi. dan itu sangat membuat saya menderita lahir dan batin hahaha. 

tulisan saya kali ini berhubungan dengan apa yang saya derita sekarang. yaitu mengenai penyakit maag. yah, iseng-iseng saja saya menulis mengenai apa yang perlu kita ketahui mengenai penyakit yang sebenarnya sangat menyiksa ini.


Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:
  • Gastritis Akut
  • Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.[1]
  • Gastritits Kronis
  • Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.[1]
Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:
  • Maag ringan
  • Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Maag sedang
  • Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag kronis
  • Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung
  • Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter Pylori.

adapun penyebab dari Maag atau radang lambung itu adalah pola makan yang tidak teratur,  terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian. tapi, kebanyakan dari orang-orang yang saya kenal yang menderita maag itu (termasuk saya) adalah orang-orang yang pola makannya tidak teratur. saya akui, saya sering menunda-nunda waktu makan. "ah bentar lagi deh, tanggung" adalah kata-kata yang sewring saya ucapkan pada diri saya kalau sudah waktunya makan dan saya sudah lapar tapi saya sedang asik mengerjakan sesuatu. dan akhirnya, yah saya mendapatkan konsekuensinya. semacam you get what you deserve lah hahaha.

dan gejala dari maag ini yaitu yang pasti sakit di bagian ulu hati dan perut sebelah kiri. dan sakitnya itu amat sangat menyiksa. saya sampai keluar keringat dingin apabila maag saya kumat. lalu mual dan muntah. terkadang sampai muntah kuning :'( lalu gatau lah ini setiap orang yang punya penyakit maag atau engga tapi saya selalu bersendawa kalau maag saya sedang kumat. lalu apalagi ya? yah pokoknya sakit di ulu hati itulah yang paling parah. 

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Obat-obatan yang biasanya digunakan:
  • Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
  • Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri (Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
  • Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
  • Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
  • Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
  • Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
  • Simetidin (Mengobati dispepsia)
Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu:
  1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
  2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
  3. Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
  4. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.
  5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:

  • sayuran tertentu seperti sawi dan kol
  • buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
  • Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
  • Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).
Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

dan juga ada tambahan larangan dari dokter yaitu makanan yang bersantan! huhu, serius deh saya sampai bingung gatau mau makan apalagi karena semua makanan yang saya suka itu pantangan buat orang yang menderita maag-_-.
yap sekian dulu informasi mengenai maagnya ya!

ciao!

reference:
http://id.wikipedia.org/Maag 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar